Get Free Shots from Snap.com
BOLEH BELAJAR DAN BACA DARI SEMUA ARTIKEL INI BERISI DAFTAR PERPUSTAKAAN, SOAL, MASA LALU DAN KESAN PERPUSTAKAAN

.....PUSTAKA SMP 2 UNDAAN.....

Assalamu' alaikum SMP 2 Undaan Semoga Sukses Selalu

Senin, 02 Mei 2011

DAMPAK POSITIP & KEUNTUNGAN PENGGUNAAN TIK

Ada begitu banyak keuntungan yang kita peroleh dari penggunaan TIK. Keuntungan-keuntungan tersebut adalah sebagai berikut :
1.Memudahkan Orang dalam Berkomunikasi dan Memperoleh informasi
TIK sangat berkaitan erat dengan internet. Bahkan masyarakat pada umumnya menganggap bahwa wujud dari TIK adalah internet. Anggapan ini benar namun tidak tepat. Sebagai salah satu wujud teknologi hasil konvergensi (penyatuan/gabungan) antara teknologi infprmasi dan telekomunikasi, internet menawarkan banyak kemudahan dalam berkomunikasi. Jika dimasa lalu antar individu dihadapkan pada terbatasnya komunikasi, dengan internet persoalan jarak, waktu, modus dan bentuk informasi tidak lagi menjadi isu persoalan.
Internet menghubungkan jutaan manusia di muka bumi ini, tanpa para komunikan (penerima informasi) perlu mengetahui keberadaan lawan komunikasinya. Informasi dapat dikirim dan di terima dalam berbagai bentuk, suara, gambar, data, teks maupun kombinasi dari semua itu. Melalui internet ini pula, terbentuk komunitas maya yang berkumpul sesuai dengan minat masing-masing.
Para netter-demikian sering disebut tidak lagi terbelenggu oleh keterbatasan peran sebagai pembaca informasi, tetapi pada posisi yang sama sekaligus dapat berperan sebagai sumber informasi.
Setiap netter yang tergantung dalam sebuah komunitas maya dapat menuliskan apa saja buah pikirannya, termasuk yang dimaksudkan untuk menyerang pihak lain, tanpa terhalang oleh sensor ataupun editing dari pihak lain.
Satu-satunya alat yang dapar digunakan untuk mengendalikan informasi yang dihasilkan oleh para netter adalah komitmennya pada norma dan etika. Di katakan demikian karena di banyak negara hukum selalu ketinggalan dakam mengantisipasi kemajuan dan kebebasan yang dialami oleh para pengguna teknologi.
Selain itu, keunggulan internet terutama terletak pada potensi dan efektivitasnya yang menjanjikan kemudahan. The world on your fingertips – dunia berada ditelapak tangan anda. Suatu rekayasa manusia “memperkecil” dunia hingga berada dalam genggaman tangan, dengan mangakselerasi penyampaian informasi dan komunikasi interaktif secara elektronis.
Karenanya, babarapa saat lagi, wajah kota metropolitan dunia segera berubah. Pemandangan orang berbelanja di swalayan, menekan tombol ATM untuk membayar rekening, atau keramaian tempat bermain anak-anak, suatu saat akan sirna. Semua urusan yang dulunya membutuhkan waktu, tenaga dan jarak, nanti cukup diselesaikan sambil duduk di depan layar komputer dan dengan klik-klik-klik, semua beres.Untuk berbelanja, setelah memasukkan account number, dan klik, tak lama barang yang dipesan akan segera diantar melalui delivery services.
Begitu pun untuk berkorespondensi, tak perlu repot-repot menulis surat, memasukkan ke amplop, membubuhi prangko dan mangantarkan ke bis surat, tetapi cukup mengirim email (electronic-mail) yang hanya membutuhkan pulsa telepon lokal untuk mengirim pesan ke mana saja ke berbagai balahan dunia. Tidak itu saja, kita bisa berbicara langsung dengan koresponden kita, sambil melihat wajahnya secara langsung, dan itu tidak membutuhkan biaya yang mahal.
Kontak dan komunikasi jarak jauh memang sangat efektif dan efisien (yang juga berarti murah) dilakukan dengan memanfaatkan jalur internet. Gagasan ini pula yang mulai membuat orang untuk melakukan seminar, wawancara, konferensi jarak jauh atau general check-up kesehatan, termasuk untuk pendidikan atau sekolah jarak jauh melalui internet. Kuliah di web seperti virtual iniversity sudah lama di mulai di AS, mahasiswa tinggal menyimak kuliah-kuliah pada jam tertentu di layar komputer dan mengikuti ujian secara interaktif. Jadi waktu yang biasa digunakan untuk berangkat ke kampus, atau berjalan dari ruang kuliah yang satu ke ruang yang lain bisa dihemat dan dimanfaatkan untuk bekerja part-time atau untuk urusan lainnya.

2. Membuka Peluang Bisnis Baru
Fenomena perubahan yang muncul seiring dengan maraknya internet adalah tumbuh menjamurnya bisnis berbasis internet semacam detik.com. Nama-nama situs dagang di internet semacam Google, Yahoo, Amazon, eBay, lelang,com, indoexchange.com, Klikbca dan lain sebagainya sudah menjadi istilah familiar di kalangan bisnis dan pengguna TIK. Awal tahun hingga akhir 2000 dunia bisnis pernah mengalami booming dotcom, suatu model bisnis-bisnis baru yang dikembangkan dengan menggunakan internet sebagai sarana dan media transaksi.
Electronik Business (e-business) dan Electronik Commerce (e-commerce) menjadi jargon yang masih hidup hingga kini. Bahkan futuris sekelas Lester Thurow, Carl Shapiro, Paul Krugman, Don Tapscott menjelang pergantian abad milenium dengan yakin mengatakan internet akan mengubah conventional economy menjadi new economy atau digital economy.Suatu kondisi ekonomi yang diwarnai dengan aktivitas bisnis berbasiskan transaksi melalui internet.
Gambaran akan terjadi perubahan besar dalam dunia bisnis didukung oleh liputan media maupun banyak terbitnya buku yang mengulas tentang e-business dan e-commerce. Model bisnis B2B, C2C, menjadi topik utama pembicaraan di berbagai seminar. Sebuah majalah ekonomi bahkan merasa perlu untuk mengubah logo, tampilan dan sajian berita disesuaikan denganserba “e” yang diyakininya akan terus berlangsung.
Fenomena diatas menggambarkan bagaimana antusiasnya kalangan bisnis dalam menyambut internet. Perubahan nyata juga terjadi pada perusahaan lama yang kemudian menyadari perlunya memiliki sarana interaksi dengan stakholder melalui internet. Maka kemudian muncul beribu nama_perusahaan.com atau nama_perusahaan.co.id yang semula menayangkan informasi tentang perusahaan beserta produk dan jasa yang dipasarkan, hingga akhirnya banyak diantaranya yang memanfaatkan internet untuk transaksi bisnis.

3. Mendorong Tumbuhnya Proses Demokrasi
Setelah lebih dari tiga dekade di bawah kepemimpinan nasional yang otoriter dan dengan demokrasi perwakilan yang semu, kekuasaan presiden hampir tak terbatas, dan maraknya perilaku yang bersifat kolusi dalam area pilitik nasional, dorongan perubahan ke arah negara Indonesia yang lebih demokratis menjadi semakin mudah dengan adanya fasilitas TIK.
Efek positif dari fasilitas TIK antara lain semua bebas menjadi sumber informasi. Terfasilitasinya kebutuhan akar, kebebasan berbicara merupakan syarat dasar demokrasi.Penyebaran informasi berlangsung secara peer to peer, one to one to many ataupun broadcast Tidak ada hierarki penyampaian informasi yang mengarah kepada filterisasi informasi sebagaimana terjadi pada sistem informasi di suatu organisasi tertutup. Ide perjuangan demokrasi dengan mudah mencapai sasaran masyarakat luas tanpa terkendala oleh rezim pengawasan informasi yang dilakukan oleh penguasa, sehingga pada proses selanjutnya TIK mendorong terjadinya kesamaan ide, sebagaimana terjadi pada keseragaman gaya dan penampilan.
Peran TIK dalam proses demokrasi tidak terbatas pada wahana penyamaan persepsi saja melainkan lebih banyak dari itu. Dalam proses kritis yang menjadi acuan adanya demokrasi, membuktikan dirinya memberikan kontribusi besar dalam proses pemilihan umum (pemilu). Penggunaan TIK dalam proses penghitungan suara menjadi salah satu yang dapat ditunjuk sebagai bukti.
Selain itu, ada banyak sekali bukti bagaimana TIK melancarkan proses pemilu. Sejak proses pendaftaran partai politik, pendaftaran calon pemilih, seleksi partai yang layak ikut kampanye, pengelolaan organisasi partai politik, pendaftaran dan proses administrasi legislatif, hingga penentuan pemenang pemilu, semua aktivitas ini menjadi tidak terbayangkan betapa sulitnya jika tidak menggunakan TIK. Setelah pemerintah baru terbentuk, masyarakat menggunakam TIK untuk mengetahui kinerja pemerintah, berinteraksi pejabat pemerintah, maupun memberikan penilaian atas kinerja pemerintah. Ciri-ciri demokratis menjadi semakin nyata dengan kemajuan TIK.
4. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Layanan Publik
Dampak TIK tidak saja melanda perusahaan atau organisasi privat atau swasta. Al Gore dikala masih menjadi wakil Presiden Amerika Serikat, menjadi pejabat negara pertama di dunia yang menyatakan perlunya birokrasi pemerintahan dalam memanfaatkan TIK, terutama untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan publik.
Jauh sebelum itu, Lee Kuan Yew (LKY) Perdana Menteri Singapura periode terdahulu memerintahkan kepada aparat dibawahnya agar dapat menyelesaikan setiap permintaan layanan dari masyarakat selambat-lambatnya dalam tempo dua kali dua puluh empat jam. Permintaan layanan publik semacam ini tidak dapat dengan mudah di penuhi bila hanya dikerjakan secara manual, harus menggunakan TIK untuk menjawab perintah Perdana Menteri.
Al Gore dan LKY dapat dijadikan contoh bagaimana pemimpin negara mengawali gerakan untuk mengotomatisasikan layanan publik menggunakan TIK. Dalam perkembangan selanjutnya, yang terjadi tidak hanya otomatisasi layanan publik, tetapi lebih dari itu terjadi efesiensi dan peningktan produktivitas yang luar biasa, serta peningkatan citra pemerintah di hadapan masyarakat yang dilayaninya. Electronic Government menjadi istilah yang sering dipakai untuk mendorong terjadinya transformasi paradigma dalam layanan publik. Akuntabilitas, transparansi, akurasi, kecepatan proses layanan dan produktivitas menjadi kata yang sering di asosiasikan dengan e-Government.

5. Meningkatkan Layanan Informasi Kesehatan Jarak Jauh (Telemedicine)
Melalui bantuan TIK, kesehatan merupakan salah satu bidang yang paling menjanjikan untuk ditingkatkan. Bidang tersebut memerlukan TIK untuk informasi dan pemahamannya. Ada banyak cara yang dilakukan untuk menerapkan TIK di bidang kesehatan tersebut. Diantaranya TIK digunakan untuk memfasilitasi konsultasi, diagnosis, dan pengobatan jarak jauh di negara-negara berkembang.
Para dokter di tempat-tempat terpencil dapat memanfaatkan TIK untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman profesional teman sejawatnya dan lembaga rujukan di perkotaan. Pekerja-pekerja kesehatan di negara berkembang pun dapat mengakses pelatihan medis yang relevan melalui mekanisme yang di mungkinkan oleh TIK. Beberapa situs baru di internet mengenai malaria digunakan pakar kesehatan untuk menyebarluaskan modul-modul “ajar dan uji” (“teach and test”) yang inovatif untuk mengukur kesehatan sendiri.
Bank data terpadu yang dihubungkan jaringan TIK memungkinkan para pekerja kesehatan mengikuti perkembangan yang melaju pesat di bidang kesehatan. Media umum seperti radio dan televisi mempunyai sejarah panjang sebagai penyiar efektif penyebarluasan berita-berita kesehatan masyarakat dan teknik-teknik pencegahan penyakit di negara-negara berkembang. Internet juga dapat digunakan untuk memperbaiki upaya pencegahan penyakit dengan memfasilitasi mekanisme pemantauan dan respons yang lebih efektif.
6. Memperbaiki Pendidikan Melalui e-Learning
Teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan dalam pendidikan jarak jauh atau sering disebut juga dengan istilah e-learning. Melalui e-learning ini pembelajaran jarak jauh ini dapat dimungkinkan sehingga bisa mengurangi kesenjangan pendidikan antara negara maju dan negara berkembang. Kita bisa belajar bersama dengan siswa di belahan dunia lain seperti Amerika Serikat ataupun negara-negara Eropa lainnya melalui e-learning ini.

7. Mengembangkan Kemampuan dan Kesadaran Masyarakat
Pengembangan kemampuan biasanya berkaitan dengan pembinaan keterampilan dan (kemampuan dasar organisasi atau individu) untuk membantu mereka mencapai tujuan pembangunan.
Warung-warung informasi Dusun di Pondicherry, India telah merangkul program demikian. Mereka menggunakan TIK untuk meningkatkan kesadaran masyarakat miskin akan program-program pemerintah dan bantuan-bantuan yang menjadi hak mereka. Mereka punya bank data yang mendaftarkan lebih dari 100 jenis bantuan.
Di samping itu, mereka telah memiliki daftar kalangan yang sangat miskin, yang menjadi perhatian pemerintah, dan dapat dibaca di semua telecentre. Staf telecentre secara proaktif menghubungi orang-orang yang namanya tercantum dalam daftar untuk menyampaikan hak-hak tertentu yang dapat mereka peroleh dari pemerintah.
Staf telecentre juga memberikan bantuan untuk menyampaikan permintaan hak tersebut dengan menghubungi birokrat yang bertanggung jawab, yang kemudian memproses permohonan tersebut (pejabat perintah sendiri tidak pernah menerapkan cara kerja demikian).Hasilnya, tiap rumah tangga di sebuah kampung nelayan sekarang menerima subsidi perumahan yang menjadi hak mereka, padahal sebelumnya mereka tidak pernah menerimanya.
TIK juga dapat menjadikan individu tertentu, terutama mereka yang pertama-tama memanfaatkan TIK, untuk memicu perubahan berkesinambungan dalam komunitasnya. Seorang wanita yang sangat kreatif di sebuah kota kecil Mongolia, yang menjalankan sendiri sebuah LSM untuk menunjang usaha-mikro para wanita, memanfaatkan telecentre untuk menghubungi sebuah lembaga pendanaan di Inggris dan berhasil memperoleh dana sebesar U$10.000 untuk membantu usahanya, suatu jumlah yang amat besar dalam konteks tersebut.

8. Memperkaya Kebudayaan
TIK dapat menguntungkan, maupun merugikan atau mengancam kebudayaan Indonesia. Mengancam, karena dapat menggulung kebudayaan-kebudayaan setempat dalam proses globalisasi yang tak terbendung. Akan tetapi, TIK juga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu kelompok-kelompok yang terancam agar dapat menghadapi arus globalisasi secara positif dan sesuai dengan kemauan mereka.
Selain itu, melalui TIK kita juga dapat mengadopsi kebudayaan asing yang bermanfaat dan dapat memperkaya kebudayaan kita. Sebaliknya, kita dapat memperkenalkan kekayaan kebudayaan kita kepada bangsa lain, sehingga dapat memperkaya khazanah kebudayaan mereka.

9. Menunjang Pertanian
TIK dapat memberikan informasi yang berharga kepada para petani dalam bentuk pemeliharaan tanaman dan hewan, pemberian pupuk dan pakan hewan, pengurangan dampak kemarau, pemberantasan hama, irigasi, ramalan cuaca, sumber benih dan harga pasaran. Kegunaan TIK juga menguntungkan para petani dalam hal memungkinkan mereka ikut serta dalam kegiatan advokasi dan kooperasi.
Contoh konkret manfaat TIK menunjang pertanian adalah kasus di negara bagian Maharashtra, India. Pemerintah negara bagian itu merencana menghubungkan 40.000 desa dengan agronet, yaitu suatu paket piranti lunak yang khusus dirancang untuk para petani dan bertujuan mensuplai informasi-informasi mutakhir tentang pertanian. Misalnya, di sejumlah daerah di India berkali-kali terjadi semua petani panen tomat pada waktu yang bersamaan, sehingga menjatuhkan harga jual tomat di pasaran. Kemudian, ketika tomat sulit diperoleh dan harga melonjak, para petani tidak punya lagi tomat untuk dijual.
Sekarang, mereka memanfaatkan jaringan telecentre untuk mengkordinasikan penanaman, agar selalu ada persediaan di pasar, lebih teratur, dan harga-harga juga normal. Informasi pertanian dihubungkan dari kantor pusat ke komputer-komputer telecentre, jika para petani memerlukan informasi khusus yang tidak dapat segera dilayani para petugas pertanian di telecentre, maka seorang teknisi akan mengisi form pertanyaan online dan mengirimkannya melalui modem ke kantor pusat. Spesialis-spesialis yang lebih berpengalaman dan lebih ahli akan mengusahakan dan mengkordinasi jawaban-jawabannya, yang biasanya terkirim kembali ke telecentre dalam waktu 24 jam.

10. Menciptakan Lapangan Kerja
Berkat manfaat TIK maka terbuka dua bidang lapangan kerja. Pertama, para pencari pekerjaan dapat menggunakan TIK untuk mencari peluang kerja dikota atau daerah terdekat. Kedua, mereka dapat melakukan pekerjaan baru yang tercipta akibat pemakaian TIK. Masyarakat miskin di pedesaan kekurangan kesempatan kerja karena mmereka kebanyakan tidak dapat mengakses informasi tentang hal itu.
Salah satu manfaat TIK adalah menyediakan layanan online untuk menawarkan kesempatan kerja melalui pertukaran informasi kesempatan kerja secara elektronik dengan kantor ketenagakerjaan atau instansi penempatan tenaga kerja lainnya. Biasanya, penerimaan pekerjaan dilakukan dalam sistem tertutup yang melibatkan perantara.
Keterbukaan yang ditawarkan TIK memberi peluang mencari informasi secara lebih tepat dan transparan. Melalui bank-bank data pencari kerja, misalnya pencari tenaga dapat mencari dan langsung mengakses riwayat pengalaman kerja si pencari pekerjaan, yang pada gilirannya dihubungkan secara elektronik dengan bank-bank data lowongan pekerjaan. Semua bank data tersebut bersifat terbuka. Piranti-piranti khusus telah disediakan untuk membantu calon pencari tenaga untuk meneliri riwayat hidup para pelamar, atau secara otomatis mengirimkan e-mail kepada para pelamar bila ada lowongan yang dianggap cocok untuknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

GEO VISITE


INFO

HALO KELAS 7 MANFAAT KAN AKU ....

KELAS 8

KELAS 8 SIAP MEMACU PRESTASI

KELAS 9

BANYAKLAH BERDO'A SEBAB KEMARIN TELAH IHTIAR & USAHA